Bertindak dalam spekulasi

I dont speculate – francis underwood, house of cards
Bicara masalah spekulasi, adalah salah satu hal yang tidak saya sukai. Kepastian itu penting untuk bisa mengambil keputusan yang tepat. Tanpa adanya kepastian, mana bisa seseorang mengukur suatu keputusan benar atau tidak. Kepastian memberikan kita parameter-parameter awal yang bisa dijadikan sebagai prediksi untuk mengetahui pengaruh dari keputusan-keputusan yang akan kita ambil. 

Bagaimana jika kepastian itu tidak ada, sedangkan kita dituntut untuk mengambil keputusan? Tentunya akan ada risiko yang tidak bisa terprediksi jika keputusan itu diambil berdasarkan spekulasi. Selain itu, untung rugi suatu keputusan tidak bisa diprediksi tanpa adanya kepastian, baik secara materi maupun non materi. 

Hal inilah yang membuat saya membenci ketidakpastian, terutama di saat-saat harus membuat suatu keputusan penting. Saking bencinya terhadap ketidakpastian, saya sering menunda untuk mengambil keputusan atau tidak memutuskan sama sekali jika kepastian itu belum saya dapat. Namun, setelah berkecimpung di dunia profesional, ada suatu hal yang baru saya sadari dibalik ketidakpastian. 

Yang saya sadari adalah, bahwa meskipun kepastian itu ada, tetap ada saja hal hal yang tidak bisa saya pastikan. Artinya, ketika saya menjadikan kepastian sebagai syarat pengambilan keputusan, tetap saja ada hal-hal yang tidak bisa saya pastikan. Simpelnya, tidak ada hal yang 100 % pasti kecuali kematian. Maka jika saya tetap berpatokan harus ada kepastian sebelum bertindak, maka selamanya saya tidak akan pernah bisa memutuskan. 

Nah, dari sana maka saya akhirnya belajar untuk mengikuti pola “jalani aja dulu”. Pada akhirnya, saya mulai keluar dari pola menunggu kepastian untuk mencoba bertindak dalam spekulasi. Toh, ternyata setelah berkali-kali bertindak dalam ketidakpastian, ternyata risikonya tidak seburuk yang saya kira. Kelebihannya, keputusan yang dituntut kepada saya bisa lebih cepat dihasilkan dan saya bisa melatih insting saya dalam suatu hal. 

Mencoba sesuatu yang belum pasti, bukan hal yang buruk kan?
What if i’ve never tried it – Valentino Rossi 

Leave a Reply

