Choice and consequences

Setelah nonton dr. Strange, ada satu hal yang menarik buat saya, yaitu mengenai pilihan dan konsekuensi.

Di seri dr. Strange versi MCU, baron mordo tidak dicitrakan sebagai supervillain seperti di komik. Sebagai gantinya, baron mordo dicitrakan sebagai seorang “guardian” yang menjaga agar pengikit ancient one tidak sembarangan dalam mengabaikan hukum alam. Selama menjalani perannya sebagai “guardian”, baron mordo selalu mengingatkan akan adanya konsekuensi jika seseorang, termasuk dr. Strange mengacuhkan hukum alam dalam melakukan berbagai tindakan. Motif ini pula yang menyebabkan akhirnya baron mordo dan dr. Strange berpisah jalan.

Yang saya tangkap dr karakter mordo ini adalah dia selalu mengingatkan teman2nya bahwa setiap pilihan kita akan mendatangkan konsekuensi. Setiap orang bebas untuk memilih, tapi tidak bisa bebas dari konsekuensi atas pilihannya. Menurut saya, konsep ini yang sampai sekarang luput dalam “kebebasan individu” yang saat ini ramai dianut orang-orang. Tidak mungkin tidak terjadi konsekuensi atas setiap pilihan yang kita buat, baik itu konsekuensi baik maupun konsekuensi buruk.

Contoh sederhana. Anda bebas untuk pipis di kloset atau di jalan. Tentunya konsekuensi pipis di jalan akan berbeda dengan pipis di kloset. Contoh lain, ada pengemis datang ke anda. Anda bisa kasih uang atau kasih makian, itu bebas. Tp anda tentunya ga bisa bebas dr konsekuensi masing2 pilihannya. Contoh yang terbaru, seseorang boleh menggunakan kitab suci agama lain untuk menarik simpatik pemeluk agama tersebut, atau menjelek2an kitab suci itu dan mengundang kecaman dari berbagai kalangan secara masif

Seringkali, yang orang luput adalah konsekuensi itu terkadang ga bisa kita kontrol. Ini yang menjadi masalah juga, karena terkadang konsekuensi yang ga bisa dikontrol ini justru jadi bumerang buat kita sendiri. Ya yang rugi kita2 juga, bahkan bisa bawa orang lain. Inginnya untunh malah buntung, inginnya didukung malah ditikung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: