Beberapa kali saya berdiskusi tentang evolusi dengan orang yang menolak evolusi. Rata-rata, alasan penolakan terhadap evolusi selalu berputar-putar di dua hal, tidak sesuai dengan dogma agama (terutama islam) serta tidak ada bukti yang memperkuat teori evolusi. Sayangnya, beberapa orang di kalangan medis (terutama dokter) yang saya kenal, juga menolak evolusi dengan alasan yang tidak […]

Alhamdulillah sudah jumat lagi, berarti insya Allah sudah beres baca surat Al-Kahfi ya, kan sunnah. Yah mesipun surat Al-Kahfi cukup panjang tapi isinya luar biasa dalam, terutama di kisah-kisah yang disebutkan di dalam surat Al-Kahfi. Buat saya sendiri, yang paling menarik dari surat Al-Kahfi itu ada 2, kisah Nabi Musa dan (menurut tafsir) Nabi Khidir, […]

Pendahuluan, Al-Quran Sebagai Mukjizat Pada tanggal 17 Ramadhan tahun 610 M, tepat pertama kali Al-Quran diturunkan kepada Rasulullah saw melalui Malaikat Jibril. Sebagai kitab suci pedoman umat islam, kebenaran Al-Quran tidak akan pernah diragukan kebenarannya oleh umat islam.  Selama kurang lebih 23 tahun, Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah saw untuk menjadi pedoman umat islam, […]

Baru-baru ini ada salah seorang figur publik yang terkena kanker serviks stadium empat yang sudah menjalar ke bagian tubuh lainnya (metastasis) sehingga yang bersangkutan perlu menjalani perawaan intensif. Kanker serviks muncul diakibatkan infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang terjadi pada rahim sehingga menyebabkan jaringan leher rahim mengalami pertumbuhan abnormal. Infeksi HPV pada jaringan rahim sebetulnya dapat […]

Disadur langsung dari tulisan Kurniawan Gunadi di kurniawangunadi.tumblr.com Semasa masih lajang beberapa waktu yang lalu. Saya belum begitu memahami secara benar tentang definisi perempuan yang baik, atau yang salehah mungkin kata teman-teman yang belajar agama lebih dari saya. Bagi saya, yang masih seperti ini; kacau, ilmu agamanya cetek, bacaan qurannya terbatas, dll. Tidak ada dalam […]

sebenernya rada males ngepost ginian sih, tapi ternyata kalo di post di blog bisa dibaca ulang dan jadi reminder hahah. saya memaknai peralihan fase hidup sebagai suatu fase peralihan yang sangat.  berarti bagi manusia dikarenakan kebanyakan keputusan yang akan menentukan alur hidup kebanyakan di ambil di fase ini. dari lulus SD ke SMP, SMP ke […]

beberapa kali “berdiskusi” dengan berbagai kalangan di sosial media tentang evolusi. hasilnya bermacam-macam. ada yang tadinya ga percaya evolusi, jadi percaya. ada pula yang makin ga percaya. ada lagi yang tadinya ga mengerti tentang evolusi, jadi sedikit lebih mengerti. terkait percaya tidak percaya tentang evolusi, saya sendiri tidak akan memaksa siapapun untuk mempercayai evolusi. hanya, […]

agar lebih bijak dalam menggunakan antibiotik, sebaiknya kita perkirakan sakit yang sedang kita derita, apakah disebabkan oleh virus atau bakteri. jika disebabkan oleh virus, maka kita tidak perlu mengkonsumsi antibiotik. penggunaan antibiotik yang tidak benar dapat menyebabkan munculnya bakteri-bakteri yang resisten terhadap antibiotik mari lebih bijak menggunakan antibiotik agar mencegah munculnya superbakteri dan supervirus yang […]

Pasukan elit (Elite Army/Elite Squad). pernah mendengar istilah tersebut? saya sendiri pengen ngebahas ini gara-gara abis nonton The Patriot, filmnya si Mel Gibson tahun 2000. terus abis nonton The Patriot malah browsing tentang peperangan zaman napoleon, terus menclok ke laman tentang French Imperial Guard yang dibentuk zaman napoleon. oke skip bicara tentang pasukan elit, pada […]